Kamis, 11 Agustus 2011

Dasar Dasar Pemograman Java - Part 1

Hallo kawan, ane mau share nih tentang Java, mungkin kalian sudah tau Java. Java merupakan sebuah bahasa pemograman yang populer dikalangan akademisi dan praktisi komputer. Java dikembangkan pertama kali oleh James Gosling dari Sun Microsystems pada tahun 1990-an. Nah di kampus ane Java tuh terbilang mata kuliah yang menyeramkan, kenapa ? menurut temen ane sih (menurut ane juga sih) "Lieur" (Pusing) tapi sih menurut ane ga pusing pusing amat asal kita nya aja rajin latihan maka dari itu ane mau share nih ilmu sekalian buat ane inget inget nih dasar dasar nya karena kalo pengen bisa buat suatu project harus tau dasarnya dulu. Yaudah deh langsung aje ye ,, oya ane part soal nya dosen ane ngasihnya banyak nih ,,,, hehehehe ,,,
moga berguna untuk kalian semua.

Bilangan Ganjil
public class Bilangan_Ganjil
  
  public static void main(String[] args) {
   int i;
      for (i=1; i<8; i++) {
       
          if (i % 2 ==1) {                                           //  % adalah tanda modulus
             System.out.println("Bil Ganjil: " + i );   // menampilkan bil ganjil
          }  
       }  
  }
}

Konversi Luas Segitiga  
import javax.swing.*; 
public class Konversi_Luas { 
public static float a, t, L;                         //variable global 

public static void hitung(){   
   String angka1 = JOptionPane.showInputDialog("alas ? ");
   String angka2 = JOptionPane.showInputDialog("tinggi ? ");
         a = Float.parseFloat(angka1);
         t = Float.parseFloat(angka2);
                }
public static void hasil(){
    L = (a * t)/2;
    System.out.println("Luas = " + L);
                }
public static void main(String[] args){
      hitung();
      hasil();
      }
} 

Imputan Data 
import javax.swing.*;
public class inputandata {   
public static void main(String[] args){    
      System.out.println("----DAFTAR PRIBADI----");
      String angka1 = JOptionPane.showInputDialog("nama Anda ? "); 
      String angka2 = JOptionPane.showInputDialog("umur Anda ? "); 
      System.out.println("Nama Anda = " + angka1 );
      System.out.println("Umur Anda = " + angka2 ); 
}
}
Imputan Tulis  
import javax.swing.*;
public class inputantulis {
public static void latihan3(){
       String tulis = JOptionPane.showInputDialog("Tsulisan Anda ? ");
       System.out.println("Anda menulis = " + tulis);
}
public static void main(String[] args){
latihan3();
}

0 komentar:

Label

Time

Follower

Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Shout Mix Chat


ShoutMix chat widget

Lencana Facebook